Minggu, 20 Februari 2011

Taliwang Baru Lezat dan Halal

Jakarta - Ayam taliwang merupakan salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Lidah yang terbakar karena pedasnya bumbu yang membalut ayam kampung, justru memberikan sensasi tersendiri saat menikmatinya. Ditambah adanya jaminan halal rasanya jadi tambah mak nyuss!

Kini makanan khas dari Lombok ini tidak hanya populer di kota asalnya saja. Di Bali, restoran ayam taliwang tidak sulit untuk ditemui. Mulai dari jenis rumah makan biasa hingga yang kelas restoran. Namun untuk menyantap ayam taliwang ini pembeli harus lebih cermat.

Seperti yang kita ketahui masyarakat muslim di Bali tergolong minoritas, sehingga terkadang proses pemotongan ayam tidak sesuai dengan hukum Islam. Begitu pula pada pengunaan bumbu-bumbu dan minyak yang dipakai. Oleh karena itu jaminan halal saat menyantap hidangan ini sangatlah penting untuk diketahui.

Salah satu restoran yang telah memperoleh sertifikasi halal dari MUI adalah restoran 'Taliwang Baru' yang ada di Jl. Teuku Umar, Bali. Kualitas maupun rasa sudah menjadi prioritas restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1986 tersebut. Untuk menjaga kualitasnya bahkan sang pemilik hanya menerima ayam kampung hidup dari peternak dan kemudian menyembelihnya sendiri.

"Untuk menjaga kesegaran kami hamnya menerima ayam hidup yang terlebih dahulu di-screeneng oleh dokter hewan. Proses pemotongannya pun terkontrol dan pastinya sesuai dengan syariah Islam," tutur Bu Redjo, sang manajer restoran.

Menu andalan Taliwang baru adalah menu ayam baik digoreng, dibakar, maupun dibumbu khas Lombok yang benar-benar nampol di lidah. Rasa gurih dari daging ayam yang dibakar pun meresap sempurna. Hal ini dikarenakan sebelum dimasak ayam dibumbui dan dibakar menggunakan batok kelapa sampai setengah matang, kemudian baru diolah sesuai pesanan.

Agar lebih meyakinkan pelanggannya Taliwang Baru sudah memperoleh sertifikasi halal dari LPPOM MUI Bali sejak lima tahun lalu. Tak heran Taliwang Baru bukan hanya dikenal oleh turis lokal, melainkan juga jadi favorit berbagai turis yang berkunjung ke Bali. Maklum restoran ini tidak membuka cabang di kota-kota lainnya.

"Selain turis banyak pejabat dari Tanah Lot yang singgah kesini seusai sholat. Pelanggan istimewa kami lainnya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan jajaran menteri-mentrinya jika kebetulan berada di Bali," imbuh Bu Redjo.

Nah, penyuka ayam taliwang kalau jalan-jalan ke Bali jangan lupa mampir ke Taliwang Baru ya!
(detikfood.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
informasi masakan dan makanan asli indonesia