Selasa, 14 Desember 2010

Gemblong Ketan Hitam yang manis dan Legit!

Gemblong yang terbuat dari beras ketan hitam memang jarang dijumpai. Meski begitu rasanya tak kalah enak dengan gembong biasa yang kerap kita jumpai. Gemblong yang satu ini malah lebih legit dengan balutan gula putih yang manis rasanya!

Gemblong yang terbuat dari beras ketan putih mungkin lebih populer karena banyak dijajakan di berbagai tempat, mulai di pinggir jalan, bis kota, hingga di toko kue. Namun sebenarnya terdapat dua jenis gemblong yang satu terbuat dari beras ketan putih dan ada yang terbuat dari beras ketan hitam.
Gemblong ketan hitam emang tak begitu banyak dijumpai seperti gemblong biasa yang kemudian dibalut gula merah. Tampilan warna hitam yang pekat membuatnya sekilas memang tampak tak menarik. Tetapi terbukti dengan menggunakan beras ketan hitam dan campuran parutan kelapa rasanya jadi lebih legit.
Bedanya jika gemblong biasa memakai balutan gula merah. Untuk gemblong ketan hitam dibalut dengan gula putih sehingga penampilannya lebih menarik selera. Camilan ini paling enak dimakan bersama secangkir teh hangat di sore atau pagi hari.

Nah, jadi jika di lemari dapur masih ada persediaan beras ketan hitam jangan dianggurkan begitu saja. Mumpung sedang liburan tak ada salahnya jika membuat camilan tradisional ini bersama keluarga di rumah. Selain rasanya yang enak, hitung-hitung sekaligus melestarikan kuliner tradisional. Yuk, makan gemblong!

Sumber: Detikfood

0 komentar:

Posting Komentar

 
informasi masakan dan makanan asli indonesia